ANALISA LAPORAN KEUANGAN (Pertemuan ke-3, Bu Stanty)

1. Jelaskan mengenai neraca menurut yang anda ketahui ?

Neraca (Inggris: Balance Sheet atau Statement of Financial Position)

adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan perusahaan pada akhir periode tersebut. Neraca terdiri dari tiga unsur, yaitu aktiva, kewajiban, dan modal yang dihubungkan dengan persamaan.

2. Per tgl berapa neraca disajikan, mengapa ?

Neraca biasa disajikan pada akhir bulan atau per tanggal 30/31 karena pada akhir bulan semua  transaksi, pencatatan jurnal. penggolongan dalam buku besar dan pengiktisaran dalam neraca lajur yang merupakan bahan untuk menyajikan laporan keuangan    telah selesai dikerjakan.
3. Bagaimana persamaan keseimbangan untuk suatu neraca ?

Harta = Hutang + Modal

Assets = Liabilities + Equitas

Informasi yang dapat dilihat dari neraca antara lain adalah posisi sumber kekayaan perusahaan dan sumber pembiayaan untuk memperoleh kekayaan perusahaan tersebut dalam suatu periode akuntansi.

Harta yang disajikan dalam neraca disusun berdasarkan likuiditas, yaitu tingkat kecepatan harta tersebut menjadi uang, dalam kegiatan perusahaan. Sedangkan utang disusun atas jangka waktu pembayaran. Dan modal disusun berdasarkan tingkat kekekalan/lamanya bertahan dalam perusahaan.

4. Mengapa laporan tahunan menyajikan neraca, L/R, & arus kas lebih dari 1 tahun, jelaskan menurut pendapat kalian ?

Untuk melihat perubahan – perubahan yang terjadi pada perkiraan – perkiraan dalam suatu neraca ataupun laporan L/R  dan Arus Kas. Dan menilai kewajarannya dengan membandingkan antara laporan tahun yang sedang berjalan dengan tahun sebelumnya. Misalnya kita bisa membandingkan naik – turunya suatu aliran kas perusahaan, dan jika ada aliran kas yang diselewengkan maka akan cepat terdeteksi.

5. Sebutkan jenis2 dari kewajiban perusahaan ?

Kewajiban (bahasa Inggris: liability) adalah utang  yang harus dilunasi atau pelayanan yang harus dilakukan pada masa datang pada pihak lain.

Liabilitas dimasukkan dalam neraca dengan saldo normal kredit, dan biasanya dibagi menjadi dua kelompok, yaitu:

  1. Liabilitas jangka pendek – liabilitas yang dapat diharapkan untuk dilunasi dalam jangka pendek (satu tahun atau kurang). Biasanya terdiri dari utang pembayaran (hutang dagang, hutang gaji, hutang pajak pajak, dan sebagainya), pendapatan ditangguhkan, bagian dari utang jangka panjang yang jatuh tempo dalam tahun berjalan, obligasi jangka pendek (misalnya dari pembelian peralatan), dan lain-lain.
  2. Liabilitas jangka panjang – liabilitas yang penyelesaiannya melebihi satu periode akuntansi (lebih dari satu tahun). Biasanya terdiri dari : utang bank, utang hipotek, obligasi pensiun, dan lain-lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s